Tahun Depan, Layar OLED akan Diadopsi Seluruh iPhone

0
812

Apple tahun depan akan membuat kejutan untuk para pencinta produknya, apa itu kejutannya? Dikabarkan Apple akan menggunakan teknologi layar paling baru untuk iPhone terbarunya pada 2019.

Layar OLED merupakan teknologi layar yang lebih baik daripada layar LCD. Layar ini bisa memproduksi warna yang lebih tajam daripada LCD. Karena itu Apple tergila-gila dengan OLED sejak 2015 lalu. Namun baru diwujudkan tahun 2017 lalu pada iPhone X.

Menurut laporan dari Electronic Times, Sejauh ini baru Samsung satu-satunya pemasok layar OLED untuk iPhone X. Lantara Japan Display dan Sharp yang menjadi pemasok layar LCD iPhone tidak mampu memproduksi layar OLED secara massal.

Akibat dari laporan tersebut, saham Japan Display dan Sharp mengalami penurunan yang cukup signifikan. Saham Japan Display tercatat anjlok sebesar 21 persen, sedangkan Sharp turun 4,1 persen. Begitu juga dengan Samsung menurun 1,7 persen, tapi laporan ini menjadi kabar baik untuk LG karena sahamnya justru melonjak 5 persen.

Berdasarkan hasil riset terbaru dari analis keamanan, Ming-Chi Kuo. Apple mengeluarkan dana USD120 hingga USD130 hanya untuk satu unit layar OLED pada iPhone terbaru. Harga tersebut dua kali lebih tinggi dari layar biasa sekitar USD45 hingga USD55.

Diprediksi iPhone yang menggunakan layar OLED dibanderol dengan harga selangit. Sejumlah pihak memprediksi iPhone terbaru akan dibanderol mulai dari USD1000 atau sekitar Rp13 juta.

Layar OLED memiliki keistimewaan, mulai dari data yang lebih irit, warna hitam yang lebih pekat, serta respon yang lebih cepat.

Kali ini Apple akan memperluas penggunaan OLED tidak hanya pada iPhone X, melainkan akan merambah ke semua iPhone terbarunya. (RH)