Simpel, 6 Cara Bikin Laptop Tetap Adem

0
400

Laptop memang sangat cocok untuk pekerjaan dinamis. Selain praktis dipakai kapan saja dan dimana saja, bentuknya pun mendukung agar bisa diletakkan di pangkuan Kamu.

Menggunakan laptop sebagai pengganti PC juga ada kelebihan dan kekurangannya. Contoh, kelebihan yang bisa Kamu dapatkan salah satunya adalah mobilitas.

Kekurangan saat Kamu menggunakan laptop adalah masalah panas pada mesin laptop. Karena laptop yang terlalu panas bisa mengakibatkan pada lambatnya kinerja laptop dan berdampak serius seperti hang atau not responding.

Permasalahan ini sudah lama sekali mengganggu para pengguna laptop. Apalagi di saat menggunakannya untuk bermain games. Tapi Kamu nggak perlu khawatir, karena ada cara untuk membuat laptop menjadi tidak panas, berikut tipsnya.

  1. Hindari memakai laptop di atas kasur

Kebiasaan yang sering dilakukan para pengguna laptop yaitu meletakkan di atas kasur, bantal, selimut, dan tempat yang permukaannya tidak rata, dimana akan mengakibatkan laptop Kamu panas.

Karena permukaan yang tidak rata akan rentan menjadi panas, dimana tempat seperti bantal atau kasur bisa menyerap panas dari laptop, akan tetapi setelahnya akan mengembalikan panas pada laptop.

Untuk itu jika Kamu ingin menggunakan laptop ada baiknya gunakan di tempat seperti meja atau ubin yang dingin.

  1. Pastikan saluran udara bersih dan sirkulasi udara lancar

Semakin sering laptop digunakan, saluran udara pada laptop akan dapat mengeluarkan udara panas dan bukan tidak mungkin debu dari udara yang dikeluarkan tersangkut.

Menumpuknya debu pada saluran udara dapat mengganggu sirkulasi udara. Jika sudah menganggu sirkulasi udara, jangan membersihkan dengan cara ditiup karena akan menyebabkan debu masuk ke dalam laptop.

Untuk mengatasinya, Kamu bisa menggunakan vacum cleaner khusus laptop, atau jika Kamu punya keahlian lebih bisa dengan cara membuka casing laptop dan mengakses cooling pad lalu membersihkannya dengan kuas kecil secara perlahan.

  1. Usahakan layar LCD tidak terlalu terang

Saat Kamu menggunakan laptop, usahakan jangan terlalu terang dan jangan terlalu redup juga ya. Atur laya LCD sesuai kenyamanan mata Kamu. Dengan cara ini bisa menjadi solusi agar laptop Kamu tidak cepat panas.

  1. Berikan waktu istirahat untuk laptop

Bukan hanya manusia aja ya guys yang butuh istirahat, laptop pun juga membutuhkan break. Untuk itu, ada baiknya mulai sekarang Kamu menggunakan laptop selama dua jam, setelah itu  matikan laptop selama 30 menit. Lalukan hal itu secara rutin agar laptop kamu terhindar dari panas.

  1. Cek kondisi thermal paste

Yang belum tahu apa itu Thermal Paste, Thermal Paste yaitu gel yang menempel di atas prosesor. Kegunaannya sendiri untuk mengurangi panas yang dihasilkan prosesor.

Coba Kamu cek kondisi dari Thermal Paste yang menempel di atas prosesor, apabila mengering, Kamu harus menggantinya dengan cara dioleskan diatas prosesor.

Thermal Paste dapat mengurangi panas di laptop Kamu dengan cepat, dengan cara ini bisa membuat laptop kamu tidak cepat panas juga lho.

  1. Gunakan cooling pad eksternal

Pada umumnya memang sudah terdapat pada setiap laptop, namum cooling pad internal mempunyai ukuran yang relatif kecil dan hanya difokuskan untuk mendinginkan komponen prosesor saja.

Untuk mengatasinya, sebaiknya Kamu menggunakan cooling pad eskternal untuk mengantisipasi panas pada motherboard. Cooling pad eksternal biasanya digunakan sebagai alas laptop dengan kipas yang membutuhkan daya 5 volt.

Gimana guys tips untuk mencegah laptop Kamu agar tidak panas, semoga bisa dilakukan di rumah ya. Kalau Kamu kurang ahli, Kamu bisa datang ke toko service laptop kok. (RH)