Tips Motret Low Light dengan Menggunakan Smartphone

0
390

Siapa sih yang nggak mau punya smartphone canggih dengan kamera mumpuni? Apalagi para generasi milenial yang demen banget selfie di semua kondisi. Pastinya bakal bahagia jika bisa mengabadikan momen special bareng teman seperjuangan.

Pun, dengan teknologi terkini, perbandingan hasil foto dari kamera smartphone dan kamera digital semakin tipis, bila memotret dengan cahaya melimpah. Terlihat berbeda bila pemotretan di kondisi low light. Sensor kamera smartphone terlihat minder merekam objek.

Menurut fotografer profesional David Soong yang juga pendiri Axioo serta Sweet Escape, untuk mengambil foto low light diperlukan beberapa hal.

  1. Pertama, pengguna smartphone harus menggunakan tripod untuk membantu kegiatan fotografi agar tidak goyang.
  2. Selanjutnya usahakan Kamu menggunakan pengaturan Pro, Manual, atau Professional Mode. Dengan menggunakan mode tersebut, Kamu dapat mengatur berbagai aspek pendukung ketika mengambil foto, khususnya low light.
  3. Hal yang paling sederhana, Kamu juga bisa memanfaatkan sumber cahaya di lingkungan sekitar. Misal dengan bantuan lampu penerangan di pinggir jalan atau sorot lampu mobil dan lainnya.
  4. Ketika menggunakan mode Pro untuk mengambil foto low light, Kamu juga harus memperhatikan ISO dan Shutter Speed terlebih dahulu. Agar foto yang diambil minim noise, usahakan mengatur ISO dan Shutter Speed selambat mungkin.
  5. Kemampuan kamera smatphone dalam menangani kondisi low light sebenarnya tergantung pada sensor dan bukaan diafragma. Semakin bagus atau besar sensor yang digunakan maka sensitivitasnya pada cahayanya lebih tinggi.

Besarnya bukaan diafragma pada lensa kamera dinyatakan dalam f/(…), seperti f/2.8, f/2.2, f/2.0, f/1.8, f/1.7, f/1.5. semakin kecil nilai f/ maka semakin besar bukaan diafragma. (RH)