Cara Pintar, Hemat Baterai Smartphone saat Traveling

0
414

Liburan tidak harus mahal. Berkeliling ke luar kota saja sudah menyenangkan. Kamu yang sudah mengatur jadwal weekend bersiaplah membawa beragam perbekalan. Salah satunya, smartphone andal dalam genggaman. Punya kamera bagus, enak buat nge-game, dan pintar bernavigasi.

Dengan jarak tempuh yang jauh, smartphone lebih sering digunakan hingga baterainya. Perangkat baterai gendong a.k.a Power Bank harus juga disiapkan. Tapi, jika Kamu tak memilikinya, tips sederhana ini bisa membantu Kamu menghemat baterai selama liburan.

1.      Matikan sinyal 4G saat berada di pelosok

Sinyal 4G memiliki koneksi yang lebih cepat yang mengakibatkan konsumsi baterai menjadi boros. Jika kamu sedang berada di pedesaan atau daerah pelosok, lebih baik matikan fitur sinyal 4G di smartphone. Lalu, hidupkan sinyal 3G, EDGE, dan GPRS. Lebih baik lagi jika kamu benar-benar mematikan data seluler jika tak dibutuhkan.

2.      Kurangi kecerahan layar

Mengurangi kecerahan layar juga dapat mengurangi penggunaan baterai pada smartphone. Karena, traveling dilakukan di luar ruangan dan layar yang terang juga tidak terlalu berpengaruh ketika sedang berada di luar. Kamu bisa mengatur cahaya layar smartphone kamu di mode Auto-Brightness, sehingga kecerahan layar otomatis akan menyesuaikan dengan situasi.

3.      Menjaga suhu smartphone

Ketika kamu sedang berada di luar, suhu smartphone akan meningkat dengan drastis. Suhu smartphone juga akan semakin meningkat jika Kamu mainkan secara terus-menerus, Untuk menurunkannya, Kamu bisa menggunakan fitur cool down melalui aplikasi CC Cleaner untuk menjaga suhu smartphone kamu.

4.      Atur waktu standby

Kamu juga bisa mempersingkat waktu standby smartphone-mu dengan mengatur pada waktu yang tercepat. Hal ini dimaksudkan agar layar smartphone kamu tidak terlalu banyak menghabiskan daya baterainya. Layar sendiri merupakan salah satu penyedot daya terbesar di perangkat Android.

5.      Matikan deteksi lokasi

Jika kamu tidak sedang mencari lokasi atau tempat wisata, maka tidak perlu menyalakan deteksi lokasi. Deteksi lokasi ini akan terus menerus menyala selama di perjalanan. Nah, deteksi lokasi juga salah satu penyebab yang membuat baterai smartphone cepat habis. (RH)