Waduh! Robot Makin Pintar, Manusia Semakin Tergantikan

Keberadaan robot berdampak positif bagi industri. Sementara manusia yang terkena imbasnya.

0
711

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, banyak sekali teknologi buatan manusia yang keberadaannya semakin nyata. Contohnya adalah robot yang secara tidak langsung akan menggeser peran manusia di berbagai bidang pekerjaan.

Teknologi ini akan menggeser pekerjaan manusia di masa depan, berikut ini adalah beberapa robot yang nantinya akan mengganti peran manusia!

  1. Robot Polisi

REEM merupakan robot humanoid yang diciptakan oleh perusahaan asal Spanyol, yaitu PAL Robotics. Sebenarnya, REEM diciptakan dapat berinteraksi dengan manusia melalui layar sentuh yang ada di bagian depan.

Dinas Kepolisian Dubai pertama kali menggunakan robot ini untuk membantu para polisi, mereka akan menambah personil robot REEM hingga 25% pada tahun 2030 nanti.

  1. Robot Ahli Bedah

Namanya adalah Smart Tissue Autonomous Robot (STAR). Robot ini dapat melakukan operasi jaringan lunak, seperti operasi jantung dan kanker yang dapat dilakukan secara keseluruhan dengan menggunakan robot.

STAR sendiri lebih unggul dibandingkan dengan manusia dalam hal menjahit dan juga bisa menghubungkan jaringan yang rusak serta meminimalisir kesalahan yang terjadi.

  1. Robot Pemadam Kebakaran

Robot ini bernama Shipboard Autonomous Firefighting Robot (SAFFiR) dan diciptakan untuk membantu manusia dalam proses pemadaman kebakaran. SAFFir sendiri dikembangkan oleh Virgnia Tech. Robot ini dilengkapi dengan kamera dan sensor panas yang dapat mendeteksi sumber api.

SAFFiR dapat menggantikan petugas pemadam kebakaran yang tugasnya sangat berisiko. Robot ini masih dalam tahap pengembangan dan belum diketahui kapan akan digunakan.

  1. Robot Resepsionis

Kinba merupakan robot yang dikembangkan oleh dosen departemen informatika dari King’s College London, yaitu Dr. Matthew Howard. Robot ini diciptakan untuk membantu semua tugas-tugas resepsionis.

Kinba juga dapat menjawab pertanyaan pengunjung melalui layar sentuh yang sudah terkoneksi. Robot ini sudah ditugaskan di Perpustakaan King’s College London.

  1. Robot Pengantar Pizza

Robot ini dikembangkan oleh perusahaan asal Australia, yaitu Marathon Robotic. Robot ini diberi nama Domino Robotic Unit (DRU). DRU sendiri merupakan mesin otomatis yang dirancang untuk berjalan di trotoar, mengikuti peta (maps), dan menghindari hambatan di jalan.

DRU juga dapat mengantar minuman dingin dan menjaga makanan pembelinya agar tetap hangat. Robot ini belum resmi digunakan, namun kehadiran DRU dapat menggeser pekerjaan manusia. (RH)