5 Cara Jitu Atasi Kecanduan Game Online

Pasalnya, efek negatif kecanduan ini kadang sudah sampai ke level akut. Bila diteruskan, bisa-bisa Kamu semakin anti sosial terhadap lingkungan.

0
472

Di era modern ini, gadget dan smartphone semakin canggih. RAM makin besar dan prosesor makin kencang. Ujung-ujungnya unsur kenyamanan jadi pilihan. Termasuk untuk bermain game.

Yup, hadirnya gadget dan smartphone memang tak bisa dipisahkan dengan aplikasi permainan atau game di dalamnya. Otomatis, Kamu harus lebih jeli mem-filter durasi bermain bila tidak ingin kecanduan.

Pasalnya, efek negatif kecanduan ini kadang sudah sampai ke level akut. Bila diteruskan, bisa-bisa Kamu semakin anti sosial terhadap lingkungan.

Terus, bagaimana ya cara mengatasi kecanduan bermain game online? Ini dia 5 cara jitu untuk mengatasi kecanduan bermain game online!

1. Memperbanyak Aktivitas di Luar

Kamu yang kecanduan game online, coba deh sekali-sekali berolahraga secara rutin atau pergi bersama keluarga dan teman-teman.

Memperbanyak aktivitas di luar bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengurangi kecanduan Kamu terhadap game online.

2. Mengatur Waktu Ketika Bermain Game

Kamu juga harus mengatur waktu ketika bermain game, karena hal ini penting banget buat mengurangi kecanduan game online. Buatlah waktu tertentu untuk bermain game online, lalu ketika di luar jam tersebut Kamu harus berhenti bermain.

3. Memiliki Niat yang Kuat Untuk Berubah

Kalau Kamu benar-benar serius untuk berhenti kecanduan bermain game, niat ini adalah hal pertama yang harus dimiliki untuk menghilangkan kebiasaan tersebut!

Awalnya memang sulit, tetapi Kamu akan termotivasi untuk mengurangi rasa kecanduan ini.

4. Mencari Bakat dan Minat yang Dimiliki

Kamu perlu mencari bakat dan minat yang tersembunyi di dalam diri, misalnya menulis, fotografi, dan bermain skateboard. Isilah waktu luang untuk sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri.

5. Mengurangi Pergaulan Dengan Sesama Pecinta Game Online

Game online biasanya lebih seru ketika bermain bersama dengan teman-teman. Biasanya mereka akan memengaruhi Kamu untuk bermain game.

Nah, kurangi kebiasaan ini dengan menolak ajakan mereka untuk bermain game online! (RH)