Xiaomi Redmi Note 5 vs Honor 9 Lite, Mana Yang Lebih Unggul?

Sama-sama dirilih kuarta dua tahun 2018, Honor 9 Lite dan Xiaomi Redmi Note 5 ditujukan untuk pengguna smartphone kelas menengah.

0
1326

Perang antar produsen smartphone di Indonesia terus berlanjut. Hal ini tentunya membuat calon pembeli bingung dalam menentukan pilihannya.

Di banderol dengan harga Rp2 jutaan, Honor dan Xiaomi meluncurkan smartphone andalan produk mereka masing-masing.

Honor merilis 9 Lite dan Xiaomi merilis Redmi Note 5. Sama-sama dirilih kuarta dua tahun 2018, Honor 9 Lite dan Xiaomi Redmi Note 5 ditujukan untuk pengguna smartphone kelas menengah.

Jika dua smartphone ini dibandingkan, kira-kira mana yang lebih unggul ya? Layar dan desain kedua smartphone ini menampilkan layar dengan bazel yang cukup sempit.

Sementara di bagian belakang, terdapat perbedaan yakni Honor 9 Lite menggunakan material glossy 2D. Pada bagian layar Redmi Note 5 dan Honor 9 Lite sama-sama mengusung layar FullView yang membuat smartphone ini semakin kece.

Redmi Note 5 memiliki layar 5.99 inci yang beresolusi full HD+ 2160 X 1080 pixel dengan rasio 18:9, yang sudah menjadi standar layar smartphone saat ini.

Serupa tapi tak sama, ada beberapa perbedaan pada Honor 9 Lite yakni smartphone ini memiliki layar lebih sempit 5.65 inci. Namun, tampilan pada layar Honor 9 Lite seolah terlihat berukuran 5.2 inci.

Performance dan OS Xiaomi Redmi Note 5 dan Honor 9 Lite menggunakan prosesor yang berbeda. Xiaomi lebih memilih menggunakan prosesor Snapdragon 636 Octa-Core dengan fabrikasi 14.

Xiaomi menjadi vendor pertama yang menggunakan prosesor 636 besutan Qualcomm yang digadang-gadang memiliki performa dan efisiensi 40% lebih baik.

Sedangkan Honor 9 Lite menggunakan prosesor HiSilicon Kirin 659 Octa-Core dengan fabrikasi 16 Nm. Bagaimana dengan sistem operasi pada kedua smartphone ini?

Redmi Note 5 dibesut dengan MIUI 9 yang berbasis Android 8.0 Oreo. Dengan MIUI 9 Redmi Note 5 lebih cepat dan lebih hemat baterai, sedangkan Honor 9 Lite menggunakan sistem operasi EMUI 8.0 berbasis Android 8.0 Oreo.

Redmi Note 5 menawarkan pilihan memori yang lebih banyak, yakni RAM 3GB + ROM 32GB dan RAM 4GB + ROM 64GB. Memori eksternal bisa ditingkatkan hingga 128GB.

Sedangkan Honor 9 Lite hanya hadir di Indonesia dengan RAM 3GB + ROM 32GB, namun micro-SD-nya bisa ditambah hingga 256GB.

Kamera

Mengabadikan momen dengan menggunakan smartphone menjadi tren tersendiri bagi penggunanya. Maka banyak smartphone yang berlomba-lomba membekali produk mereka dengan kamera canggih dan fitur yang mempuni untuk menghasilkan foto terbaik.

Xiaomi Redmi Note 5 dibekali kamera belakang 12 MP dan kamera depan 5MP yang juga
didukung fitur digital zoom, phase detection dan LED Flash. Sedangkan Honor 9 Lite diklaim memiliki keunggulan pada sektor kamera.

Dibuktikan dengan dukungan dual kamera 13MP + 2MP di bagian depan dan belakang.
Fitur yang melengkapi Honor 9 Lite adalah CMOS, LED Flash, autofocus, fixed focus, dan phase detection.

Baterai

Kapasitas baterai Redmi Note 5 jauh lebih besar dengan kapasitas 4,000 mAh yang diklaim bisa bertahan hingga 2 hari pemakaian. Selain itu, baterai ini dibekali dengan fitur pengisian 5V/2A, Quick Charge 2.0 yang membuat smarphone ini mengisi lebih cepat.

Sedangkan Honor 9 Lite hanya memiliki kapasitas baterai sebesar 3,000 mAh, smartphone ini dilengkapi dengan teknologi smart battery saving generasi ke-5 yang bisa dipakai seharian tapi harus mencharge kembali.

Kesimpulan

Jika dilihat dari segi kamera, Honor 9 Lite memang lebih unggul dibandingkan Redmi Note 5. Jadi kamu lebih tertarik membawa pulang smartphone yang mana nih? (RH)