5 Tips Memotret Bokeh Menggunakan Smartphone

0
441

Kamera smartphone sudah tidak bisa lagi dianggap remeh. Fitur-fitur pada kamera smartphone  sudah hampir mendekati kamara DSLR khususnya dalam pengambilan foto bokeh. Bokeh merupakan pengambilan gambar dengan objek tak jelas. Bokeh bisa juga diartikan bluring dengan intensitas blur yang lebih tinggi sehingga mampu membuat foto semakin menarik.

Berikut tips membuat foto bokeh dengan menggunakan smartphone:

Atur Aperturenya

Untuk kamera smartphone, carilah yang mempunyai f dikisaran f/2/0 sampai dengan f/1.7. Contohnya iPhone 7 memiliki f/1.8 dan Samsung Galaxy S7 dengan f/1.7, semakin besar bukaan rananya, maka akan membantu Kamu dalam mendapatkan foto bokeh.

Oleh karena itu  sebelum membeli, ada baiknya kamu mencari tahu  kriteria aperture kamera yang dimiliki oleh smartphone tersebut.

Gunakan Lensa Ekternal

Apabila kamera smartphone-mu memiliki aperture yang kecil, ada baiknya kamu menggunakan kamera ekternal yang bisa kamu dapati diberbagai aksesoris handphone. Terdapat berbagai macam lensa eksternal, seperti mode close-up, bokeh atau macro. Untuk lensa macro, hanya dapat digunakan untuk menghasilkan foto bokeh pada objek kecil.

Belajar manual focus

Manual fokus berguna memfokuskan kamera ke satu titik. Artinya, fokuskan kamera kepada suatu objek, dan biarkan bagian lainnya terlihat blur. Apabila smartphone kamu tidak memiliki mode manual, coba menggunakan mode touch focus yang biasanya dimiliki oleh kebanyakan smartphone.

Manfaatkan mode bawaan

Berbagai macam mode pada smartphone sangat membantu bagi Kamu yang ingin belajar tentang foto bokeh. Dengan menggunakan mode, kamera akan secara otomatis menentukan settingan yang cocok saat Kamu ingin memotret.

Perbanyak Latihan

Dengan langsung turun dilapangan dan mempraktekkannya, Kamu  akan langsung mengetahui seberapa settingan yang pas agar dapat menghasilkan foto bokeh.