Lebih Baik Grab atau Go-jek?

Grab dan Go-jek saling berlomba-lomba memberikan layanan terbaiknya. Mulai dari pelayanan pengemudinya (Driver) hingga fitur di aplikasi yang disediakan pun bermacam rupa.

0
180

Dua perusahaan raksasa yang bergerak di bidang transportasi online terus bersaing. Adalah Grab dan Go-jek saling berlomba-lomba memberikan layanan terbaiknya. Mulai dari pelayanan pengemudinya (Driver) hingga fitur di aplikasi yang disediakan pun bermacam rupa.

Ojek online (Ojol) memang menjadi favorit masyarakat di Indonesia untuk bepergian. Dengan menggunakan aplikasinya maka Kamu dapat memesan driver dengan mudah dan cepat. Sehingga Kamu bisa menghemat waktu untuk sampai ke tujuan.

Ya, demi memanjakan customer kedua perusahaan ini rajin membuat promo. Meski begitu nyatanya masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Lantas antara Grab dan Go-jek mana yang lebih baik pelayanannya?

1. Jumlah Driver

Aplikasi Go-jek diakses secara aktif oleh 15 juta orang perminggu. Para pengguna aktif tersebut dilayani sekitar 900.000 driver pada 2017. Terlebih perbulannya menyentuh 100 juta transaksi terjadi di platform perusahaan asal Indonesia tersebut.

Data tersebut dibeberkan oleh CEO Go-jek langsung, Nadiem Makarim. Namun untuk 2018 sekarang belum ada informasi terkait apakah ada peningkatan driver atau tidak. Sementara yang tertera pada web resmi www.go-jek.com jumlah driver berjumlah lebih dari 400.000.

Sedangkan dari pihak Grab belum ada kabar yang jelas mengenai jumlah mitranya pada 2017-2018. Di sisi lain, Grab telah mengakuisisi Uber pada April 2018. Di mana migrasi pengemudi Uber telah pindah ke Grab mencapai 75 persen.

“Kami usahakan secepat mungkin pengemudi dari Uber ini berada di platform Grab,” kata Ridzki Kramadibrata selaku Managing Director Grab Indonesia saat jumpa pers di kantornya (6/4/2018).

2. Fitur Aplikasi Go-Jek dan Grab

Mengutip dari laman Driver.go-jek.com ada beberapa fitur yang ditawarkan oleh Go-Jek.
Diantaranya sebagai berikut; Go-Ride, Go-Car, Go-Food, Go-Send, Go-Mart, Go-Shop,Go- massage, dan Go-Med. Semua fitur tersebut dikembangkan untuk memanjakan Kamu agar lebih mudah memesan segala sesuatunya.

Pesaing abadinya pun tak ingin ketinggalan. Grab memiliki fitur-fitur yang tidak kalah menarik dari rival sejatinya. Berikut beberapa fitur dari Grab; GrabBike, GrabCar, GrabHitch (Nebeng) Car, GrabTaxi, GrabTaxi Promo, dan GrabGerak.

3. Tarif Perkilometer

Jika dilihat saksama, fitur yang ditawarkan Go-Jek lebih bervariasi dibanding Grab. Namun
bagaimana dengan tarifnya? Jarak perkilometer yang ditentukan Go-Jek atau Go-Ride dikenakan biaya sebesar Rp. 2.500 untuk 12 kilometer pertama.

Sedangkan dari GrabBike sendiri mematok harga Rp. 1.750 perkilometer untuk 12 kilometer awal. Data tersebut diambil dari web resmi www.grab.com yang diberlakukan sejak 21 Agustus 2017. Pun tarif antara Go-Jek dan Grab dapat berubah sewaktu-waktu.

“Dari segi tarif Go-Jek lebih mahal dibanding GrabBike. Bedanya sekitar lima ribu rupiah. Tapi kalo dibanding GrabCar sama Go-Car lebih murah Go-Car,” kata Fanny (24) seorang pekerja di salah satu perusahaan asuransi di Jakarta.

4. Pelayanan Driver

Pelayanan pengemudi merupakan indikasi utama yang sangat menentukan kenyaman
penumpangnya. Beberapa pengguna aplikasi Go-Jek dan Grab pun berhasil kami wawancarai.

Seperti Dhani (23), pemuda yang bekerja di perusahaan E-Commerce mengatakan Driver Gojek lebih ramah.

“Saya sering naik Go-Jek dapat driver yang ramah dan baik,” ucap Dhani melalui telepon aplikasi WhatsApp. Namun ketika dia ditanya apakah sudah pernah menggunakan Grab, jawabnya sudah.

“Pernah, sih, naik Grab. Cuma mungkin lagi apes aja saya dapat driver yang judes,” katanya.

Seorang mahasiswa, Ningtyas Puteri mengalami hal berbeda dengan Dhani. Dia mengaku pelayanan Driver Go-Jek dan Grab ada yang bagus dan tidak. Menurutnya tergantung dengan persepsi manusia itu sendiri.

“Namanya juga manusia pasti ada yang baik dan tidak. Hanya saja tergantung dengan sudut pandang kita seperti apa. Banyak, kok, pengemudi yang baik antara Go-Jek dan Grab,” kata Ningtyas (19). (MRH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here