Patut Ditiru! Ini Dia Tips Cerdas dan Aman Belanja Online

0
275
tips cerdas

Jangan Sampai Tertipu Belanja Online. Kenali Toko Onlinenya, Aman Belanjanya, Cermati Tipsnya.

Toko online menyediakan berbagai kebutuhan, dengan beragam pilihan, dan kemudahan cara. Kita bisa membeli barang tanpa harus mengeluarkan biaya BBM, tanpa parkir, tidak menghabiskan waktu lama keluar masuk toko/mall.

Toko online menjamur, online shop seperti Amazon, Lazada, Bhinneka, dan sebagainya memenuhi mulai kebutuhan kesehatan, kecantikan, olahraga, hobby, keperluan kerja, sekolah, elektronik, sepatu, dan lainnya.

Menurut Survei Global Ipsos 2012, empat dari sepuluh pengguna internet di Indonesia suka belanja online. Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan Anda saat berbelanja secara online, berikut ini tips yang harus diperhatikan.

  1. Cek websitenya

Dari penampilan website-nya bisa dicek apakah website itu dirawat atau diupdate secara berkala atau tidak . Apabila website hanya memajang produk-produk stok lama yang barangnya sudah kosong, atau harga yang sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini, segera tinggalkan saja, segera pindah ke lain web.

  1. Kontak yang bisa dihubungi

Toko Online yang kredibel selalu mencantumkan alamat kantor/rumah/lokasi offline dengan jelas, lebih bagus lagi bila dilengkapi dengan peta lokasi untuk memudahkan cek alamat. Mencantumkan nomor telepon/fax kantor/rumah, dengan jelas, tidak sekedar menampilkan nomor HP/ Pin BB/ YM / Email dan nomor rekening.

  1. Menampilkan Bukti Pengiriman Barang

Cek apakah di websitenya menyertakan bukti-bukti pengiriman barang yang sudah dilakukan, apakah bukti pengiriman tersebut diupdate secara berkala, atau bukti pengiriman yang sudah 1-2 tahun yang lalu atau beberapa bulan yang lalu tetap tanpa ada perubahan. Lebih baik lagi bila di website tersebut dilengkapi oleh foto-foto seputar aktivitas di kantor, di lokasi offline, foto-foto barang yang dikirim, dsbnya.

  1. Cek Testimoni Customer

Di Kolom/Menu Testimoni biasanya akan terlihat komentar, pertanyaan, percakapan, pernyataan puas berbelanja, puas dengan barang yang diterima, dsb-nya oleh para customer yang sudah berbelanja di toko online tersebut.

  1. Bandingkan harga

Menge-cek harga yang tertera di satu website, bandingkan dengan yang ada di website lain, atau harga di pasaran pada umumnya. Perhatikan baik-baik merk, jenis, kelengkapan barang, pertimbangkan dengan biaya kirim ke lokasi Anda.

  1. Pertimbangkan Cara Pembayaran

Jangan Menyimpan informasi pribadi di komputer. Terkadang kita menyimpan nomor kartu kredit usai bertransaksi online dan tidak mengaktifkan sistem keamanan komputer. Hal ini sangat berbahaya karena bisa saja orang lain memakai nomor kartu kredit untuk berbelanja tanpa sepengetahuan Anda.

  1. Gunakan Google

Cek website tersebut di Google. Gunakan kata kunci seperti misal: Toko A menipu, Nama A menipu, Toko A bisa dipercaya, Nama A bisa dipercaya. Jika ternyata hasil Googling menunjukkan banyak artikel yang menyebut si penjual/toko tersebut penipu, maka sudah dipastikan bahwa toko tersebut penipu.

Teks: ImamĀ 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here