Mengungkap Kelemahan Si Canggih Samsung Galaxy S9

0
381
mengungkap kelemahan si canggih

Samsung Galaxy S9, merupakan salah satu smartphone paling canggih di dunia saat ini. Namun bagaimana jika ternyata, phablet canggih ini juga dapat memaksa Kamu untuk melakukan reboot karena hang atau error?

Diikutip dari digitaltrends.com menurut kata penelitian oleh perusahaan penguji GPU UK GraphicsFuzz dan XDA Developers, dalam pengujiannya baik itu memainkan game berat hingga melakukan multi tasking yang penuh, mencoba berbagai browser Samsung S9 tak mampu bertahan dengan baik, hingga akhirnya terkadang melakukan reboot secara otomotis karena keberatan beban.

Menurut GraphicsFuzz, selama proses pengujian yang mereka lakukan, kemampuan rendering Galaxy S9 tidak begitu ciamik. Masalah ini berasal dari bagaimana driver grafis Adreno 630 mencoba untuk membuat shader yang sangat kompleks di dalam aplikasi Samsung secara default.

Menurut penyelidikan yang lebih dalam, driver grafis memulai proses pembuatan shader, tetapi gagal pada beberapa langkah awal pengalokasian sumber daya. Browser gagal mengakhiri proses dengan benar, yang menyebabkan ponsel panik dan reboot.

Masalahnya dapat direproduksi pada peramban lain, tetapi meskipun shader menyebabkan ponsel macet, Namun hanya pada peramban Internet Samsung ponsel dipaksa untuk melakukan boot ulang. Ini berarti masalahnya tampak khusus untuk peramban Samsung.

Karena masalah hanya mempengaruhi model Galaxy S9 yang dilengkapi dengan Snapdragon 845 (terjadi pada mayoritas model di AS), tampaknya penyebabnya adalah pasangan browser Samsung dan driver grafis Qualcomm yang menyebabkan masalah.

Device Tested: Qualcomm Snapdragon 845 Samsung Galaxy S9+ (SM-G965U)

Operating System: Android 8.0.0 Oreo SM-G965U

Web Browser Result
Google Chrome v65.0.3325.109 Freezes for ~2 seconds only
Samsung Internet v7.0.10.46 Freezes then eventually triggers a full reboot
Opera v45.1.2246.125351 Freezes phone
Microsoft Edge v1.0.0.1726 Freezes for ~3 seconds only
Firefox v59.0.2 Browser crashes

 

Asumsi ini dapat didukung dengan mereproduksi kesalahan serupa pada Google Pixel 2 XL . Ponsel ini dilengkapi dengan driver grafis Qualcomm Snapdragon 835 dan Adreno 540, dan ketika dikenakan tes yang sama pada Samsung Internet browser, browser melambat menjadi merangkak dan memaksa reboot terjadi.

Masalahnya di sini adalah bug direproduksi dan mampu dikerahkan untuk serangan jarak jauh, sehingga memaksa model Samsung Galaxy S9 menjadi reboot. Beruntung bagi Samsung, karena setelah itu terjadi pihak GraphicsFuzz menjangkau Pengembang XDA untuk menghubungi Samsung. Dalam kerangka waktu pengungkapan, XDA melaporkan bahwa insinyur Samsung telah ditugaskan untuk menangani kasus pada tanggal 4 April, dan dapat diharapkan bahwa perbaikan akan diterapkan untuk memperbaiki masalah ini segera.

Teks: Imam