3 Cara Menyambungkan Smartphone ke TV

0
291
smartphone

Mau main games atau video steraming? Berikut adalah tips-tips menyambungkan smartphone ke TV.

Bermain games online atau menonton video streaming pada layar smartphone mungkin pernah kamu lakukan. Tapi, apa jadinya jika kamu memainkan games online dan menonton video streaming melalui layar televisi yang super lebar? Ya, pasti sangat menyenangkan dan dapat memanjakan bola mata kamu, nih!

Lantas, pasti kamu menerka-nerka bagaimana cara untuk dapat menikmati hal tersebut. Di sini, kamu tak perlu khawatir. Sebabnya hal tersebut dapat dilakukan jika kamu melakukan petunjuk di bawah ini. Berikut adalah tips-tips menyambungkan smartphone ke TV:

  1. Menggunakan Wireless Display

Wireless display atau yang biasa dikenal dengan WD, bisa kamu dapatkan di store peralatan komputer atau store perangkat elektronik terdekat. Jika sudah dapat, tahap selanjutnya yaitu download aplikasi khusus bernama (Read: Chromecast) di ‘Google Play Store’ atau aplikasi lainnya yang tersedia untuk android. Teruntuk pengguna Iphone, kamu bisa menggunakan fitur ‘Airplay’ yang merupakan jelmaan dari Miracast.

Kalau sudah terinstal di smartphone android atau iPhone,selanjutnya kamu dapat memasang WD pada TV agar bisa menerima sambungan tanpa kabel dengan sempurna. Langkah berikutnya, kamu wajib koneksikan TV dengan smartphone yang kamu miliki.

  1. Menggunakan Kabel HDMI

Cara yang kedua adalah menggunakan kabel High Definition Multimedia Interface (HDMI). Cara ini tidak telalu rumit, sebabnya kamu hanya perlu menyambungkan kabel-kabel saja. Namun, perlu diperhatikan juga apakah smartphone kamu telah dilengkapi dengan konektor berupa micro HDMI, karena TV pun wajib memiliki konektor HDMI.

Jika sudah ada, maka tak ada hal yang perlu dikhawatirkan. Tapi, kalau belum memiliki kabel colokan HDMI, kamu dapat membelinya di store peralatan komputer atau store perangkat elektronik terdekat. Berikutknya, sambungkan  kabel HDMI ke masing-masing konektor yang ada pada smartphone dan TV. Ya, jika semua tahap sudah dilakukan, kini kamu dapat menikmati bermain games online atau menonton video streaming  melalui layar TV!

  1. Memakai Miracast

Cara ketiga adalah menggunakan Miracast yang sama sekali tidak memakai kabel. Metode ini dapat kamu lakukan dengan menyambungkan smartphone ke TV menggunakan Miracast.  Agar semuanya dapat berjalan dengan lancar, perlu kamu ingat, smartphone dan TV kamu mesti sama-sama support Miracast, ya!

Itulah tips-tips untuk menyambungkan smartphone ke TV. Semoga tips yang sudah dijelaskan bisa bermanfaat, ya. Selamat mencoba!

Teks: Muhammad Rizky Hidayat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here