Xiaomi Redmi Note 5 vs Asus Zenfone Max Pro M1, Siapa Menang?

0
714
xiaomi vs zenfone

Xiaomi Redmi Note 5 vs Asus Zenfone Max Pro M1. Flagship Level AI vs Limitless Gaming, Siapa Pemenangnya?

Siapa tak kenal Xiaomi? Lantas bagaimana dengan Asus? Semua pasti tahu kalo keduanya merupakan merek ponsel besar. Baru-baru ini kedua raksasa teknologi tersebut mengeluarkan sebuah ponsel mid range dengan spesifikasi yang hampir sama. Genderang perang hargapun dimulai dan pada akhirnya konsumen yang bakal senang karena pilihan variasi ponsel makin beragam.

Namun masyarakat yang ingin membeli ponsel pada akhirnya tetap dibingungkan dengan pilihan kedua ponsel terbaru ini yaitu Xiaomi Redmi Note 5 dan Asus Zenfone Max Pro M1. Lalu, manakah yang lebih layak mendapat predikat raja di kelas dua jutaan, simak kulikannya.

  1. Desain yang serupa

Kedua ponsel ini memiliki desain yang mirip yaitu layar kekinian rasio 18:9 dan memiliki lebar 5,99 inci baik Xiaomi Redmi Note 5 maupun Asus Zenfone Max Pro M1.

Desain kamera yang digunakan juga sama, yaitu vertikal di samping kiri yang lebih dulu dipopulerkan oleh iPhone X. Bedanya bentuk kamera Xiaomi Redmi Note 5 lebih besar dibandingkan milik Asus Zenfone Max Pro M1 dan peletakan flash-nya juga berbeda.

Xiaomi meletakan flash diantara dua kameranya sedangkan Asus lebih memilih meletakan flash terpisah dibawah kedua kameranya sehingga bentuk kamera menjadi lebih kecil. Bagian kamera Xiaomi Redmi Note 5 juga lebih menonjol dibandingkan dengan milik Asus Zenfone Max Pro M1.

Kedua ponsel ini sudah dibekali layar IPS dengan resolusi FHD+ (1080 x 2160 pixel), namun Asus Zenfone Max Pro M1 memiliki rasio kontras 1500:1 yang lebih tinggi dari Xiaomi Redmi Note 5 yang memiliki rasio kontras 1000:1. Sehingga jangkauan kontras gambar yang ditampilkan layar Asus Zenfone Max Pro M1 akan lebih luas.

  1. Prosesor sama namun kinerjanya berbeda

Hal spesial dan menjadi daya tarik kedua ponsel ini adalah hadirnya prosesor terbaru Snapdragon 636. Namun kinerjanya nyatanya dapat berbeda karena ada salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu penggunaan user interface (UI).

Pihak Asus mengklaim Zenfone Max Pro M1 kinerjanya lebih tinggi khususnya untuk bermain games dibandingkan Xiaomi Redmi Note 5 padahal kedua ponsel ini sama-sama menggunakan Snapdragon 636. Asus Zenfone Max Pro M1 menggunakan pure Android Oreo.

Hal ini bagi sebagian orang menjadi nilai jual karena suka dengan kinerja gegas dari pure android experience-nya Asus, namun bagi sebagian orang tampilan pure android tidak menarik karena terkesan boring dan sangat polos.Sedangkan Xiaomi Redmi Note 5 masih setia menggunakan MIUI 9 dengan berbagai macam fitur-fitur khas ponsel Xiaomi.

Jadi kesimpulan dalam hal performa, jika kamu menginginkan kegegasan kinerja tanpa memerhatikan tampilan user interface maka Asus Zenfone Max Pro M1 pilihan tepat tapi jika kamu sudah nyaman dengan MIUI atau user interface yang lebih bisa diutak-atik dan bisa menoleransi sedikit kinerja ponsel yang kurang gegas maka Xiaomi Redmi Note 5 adalah pilihan yang tepat.

  1. Sama-sama dual kamera dengan fitur yang berbeda

Xiaomi Redmi Note 5 dibekali dengan dual kamera belakang 12 MP (f/2.2) dan 5 MP (f/2.0) sedangkan Asus Zenfone Max Pro M1 memiliki kamera 13 MP (f/2.2) dan 5 MP untuk varian RAM 3 GB dan 4 GB. Sedangkan Asus Zenfone Max Pro M1 varian RAM 6 GB memiliki kamera 16 MP (f/2.0) dan 5 MP.

Kedua kamera belakang ponsel ini sudah dilengkapi dengan PDAF (phase detection autofocus) dan LED flash. Untuk kamera depannya, Xiaomi Redmi Note 5 menggunakan kamera beresolusi 13 MP sedangkan Asus Zenfone Max Pro M1 menggunakan kamera depan resolusi  8 MP untuk varian RAM 3 GB dan 4 GB sedangkan varian RAM 6 GB dibekali dengan kamera depan resolusi 16 MP.

Kedua kamera depan ponsel ini juga sudah dibekali dengan LED flash lho. Lalu Xiaomi Redmi Note 5 menggunakan sensor kamera Samsung sedangkan Asus Zenfone Max Pro M1 sayangnya tidak diberikan informasi apa-apa terkait sensor kamera yang digunakan.

Di sektor video nampaknya Asus Zenfone Max Pro M1 lebih unggul karena bisa merekam hingga resolusi [email protected] sedangkan Xiaomi Redmi Note 5 harus puas dengan resolusi perekaman video resolusi maksimal [email protected] saja.

Di sektor kamera, Xiaomi Redmi Note 5 menggunakan aplikasi kamera bawaan dari MIUI sedangkan Asus Zenfone Max Pro M1 menggunakan Snapdragon Camera bawaan dari Chipset Snapdragon karena Asus nampaknya benar-benar serius ingin memberikan pure android experience hingga berani meninggalkan Asus Pixel Master yang terkenal kaya fitur dan mode manualnya.

Kesimpulan di sektor kamera, Xiaomi Redmi Note 5 nampaknya lebih unggul dengan megapixel yang lebih besar, sensor kamera dan dukungan AI (artificial intelligence) Beautify 4.0 yang diklaim mampu mengidentifikasikan fitur wajah dan memberikan ribuan efek peningkatan alami pada hasil foto sedangkan pengguna Asus Zenfone Max Pro M1 harus puas dengan kamera beresolusi lebih kecil dan minim fitur.

  1. Kapasitas baterai juga berbeda lho!

Satu hal lagi yang diunggulkan Asus di seri Zenfone Max Pro M1 adalah kapasitas baterai jumbo 5000 mAh yang kuat untuk diajak main games berlama-lama. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 5 harus puas dengan kapasitas baterai 4000 mAh saja.

Hal yang lebih gila dari Asus Zenfone Max Pro M1 di sisi baterai adalah dukungan fast charging yang bisa mengisi baterai hingga penuh dalam waktu sekitar 2 jam saja, bahkan pihak Asus saat presentasi peluncuran ponselnya berani mengklaim pengisian daya baterainya lebih cepat dibandingkan Xiaomi Redmi Note 5 yang kapasitas baterainya lebih kecil, hal ini masuk akal karena Xiaomi Redmi Note 5 belum mendukung fast charging.

Lalu ada satu hal lagi di sisi hardware yang nampaknya dimenangkan oleh Asus Zenfone Max Pro M1 yaitu adanya dedicated micro SD slot di ponsel ini, sehingga kamu tetap bisa menggunakan dua kartu SIM dan micro SD secara bersamaan. Berbeda dengan Xiaomi Redmi Note 5 yang memiliki slot SIM hybrid yang harus bergantian menggunakan satu kartu SIM dengan micro SD atau dua kartu SIM tanpa micro SD.

Sayangnya kedua ponsel ini belum dibekali dengan NFC (Near Field Communication) yang belakangan ini nampaknya mulai diperhatikan calon konsumen dalam memilih ponsel.

  1. Harga yang ditawarkan dan metode penjualan

Xiaomi Redmi Note 5 ditawarkan dengan harga Rp 2.499.000 untuk varian RAM 3 GB dan memori internal 32 GB sedangkan untuk varian RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB ditawarkan dengan harga Rp 2.999.000 baik harga flash sale maupun di toko offline resmi Mi Store.

Asus Zenfone Max Pro M1 menawarkan harga yang lebih murah yakni Rp 2.199.000 saat flash sale dan Rp 2.299.000 di toko offline resmi untuk varian RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB lalu RP 2.799.000 untuk varian RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB dan Rp 3.299.000 untuk varian RAM 6 GB dengan memori internal 64 GB.

Kedua ponsel ini dijual dengan metode flash sale Lazada pada tanggal 25 April 2018 lalu, Xiaomi Redmi Note 5 saat flash sale baru mengeluarkan varian RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB saja untuk dibeli, sedangkan Asus Zenfone Max Pro M1 saat flash sale baru dijual varian RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB saja.

Menariknya Xiaomi Redmi Note 5 diklaim ludes habis terjual pada 00.00 WIB dini hari dalam 30 detik saja sedangkan Asus Zenfone Max Pro M1 pada pagi harinya pukul 11.00 WIB diklaim habis terjual dalam 15 detik saja. Asus akan menggelar kembali flash sale ponselnya pada tanggal 2 Mei 2018 jam 11.00 WIB sedangkan untuk Xiaomi hingga saat ini belum ada informasi resmi tanggal berapa akan diadakan flash sale kembali.

Sedangkan ketersediaan pada toko offline, pihak Xiaomi sudah melakukan penjualan di toko offline tepatnya di Mi Store Gandaria City pada pukul 10.00 WIB tanggal 25 April 2018 lalu, sedangkan Asus hingga saat ini nampaknya masih fokus menggunakan penjualan flash sale yang sebelumnya tidak pernah digunakan Asus dalam menjual ponselnya.

Pada akhirnya kesimpulan pemilihan membeli ponsel Xiaomi Redmi Note 5 atau Asus Zenfone Max Pro M1 adalah kembali kepada kebutuhan masing-masing calon pembeli. Sesuai dengan tagline masing-masing ponsel, Xiaomi Redmi Note 5 adalah flagship level AI dual camera yang lebih cocok untuk kamu yang suka berfoto karena fitur AI, resolusi dan sensor pada kameranya.

Sedangkan Asus Zenfone Max Pro M1 adalah ponsel limitless gaming karena dukungan baterai tahan lama dengan fast charging, kinerja prosesor yang lebih ringan dan kontras layar yang lebih baik sehingga menyasar ke pengguna yang gemar bermain games ketimbang berfoto. Semoga dengan perbandingan ponsel ini kamu bisa menentukan ponsel mana yang ingin kamu beli dan jangan lupa tulis di kolom komentar, kamu lebih suka berfoto atau bermain games di ponsel?

Teks: Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here